Kamis, 06 September 2012

Doa "Berkat" Ibadah


 
Bacaan Ayat : Lukas 24:50-52
24:50 Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
24:51 Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
24:52 Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.

PENDAHULUAN :
Jangan pulang duluan jika ingin menerima berkat lebih banyak! Penyampaian “berkat pulang” di akhir ibadah hari Kebaktian, semestinya merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi segenap jemaat.
Dengan mengangkat kedua tanganku, aku mendengarkan dan mengaminkan setiap berkat yang diucapkan bagiku. Terlebih lagi akan menjadi kesukaan, bilamana hamba Tuhan menyampaikan ucapan berkat yang lengkap bagi kebutuhan hidupku namun tidak bertele-tele.

Pada umumnya ada dua ucapan berkat yang biasa disampaikan oleh hamba Tuhan diakhir ibadah umat Kristen, yaitu ucapan berkat Harun dan ucapan berkat Paulus.

1.       Ucapan Berkat Harun. 

Ucapan berkat Harus terambil dari kitab Bilangan 6:24-26.
“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”.

Ini sesuai dengan perintah Tuhan bagaimana Harun dan anak-anaknya harus memberkati umat Israel. Perhatikanlah bahwa semua apa yang kita perlukan sudah ada disana: berkat, perlindungan, kasih karunia dan damai sejatera!

2.       Ucapan Berkat Paulus. 

Ucapan berkat Paulus terambil dari : 2 Korintus 13:13,
“Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.” Apa yang kita perlukan dilimpahkan kepada kita, yaitu: kasih karunia Tuhan Yesus, kasih dari Bapa, dan persekutuan dengan Roh Kudus.

3.       Manfaat Doa Berkat :
  • Kita memerlukan berkat-berkat dari Tuhan, baik berkat secara rohani, jiwani maupun berkat-berkat jasmani dan materi.
  • Kita juga perlu perlindungan, baik keamanan diri sendiri, keluarga maupun keamanan bagi pekerjaan dan usaha kita.
  • Kita perlu kasih karunia dari Tuhan Yesus, istimewanya adalah kasih karunia di dalam penebusan olehNya di kayu salib.
  • Kita perlu damai sejahtera sebagaimana semua orang di dunia ini mencarinya. Namun damai sejahtera yang kita cari dan kita inginkan adalah damai sejahtera yang dari Tuhan dan bukan sekedar kenyamanan duniawi.
  • Kita butuh persekutuan dengan Roh Kudus karena ada banyak hal yang kita tidak mengerti dan tidak kita ketahui, Roh Kuduslah yang akan membimbing dan menuntun jalan kehidupan kita!
IMPLIKASI :
  • Jangan pulang duluan ketika mengikuti ibadah di gereja. Ikuti ibadah hingga selesai, hingga Anda menerima berkat pulang!
  • Ketika menerima berkat pulang dari hamba Tuhan, bayangkanlah (dalam Iman) bahwa Tuhan Yesus sendiri yang memberkati Anda sebagaimana Ia memberkati murid-muridNya sebelum terangkat ke Sorga.
  • Dan sebagaimana murid-muridNya pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita, maka Anda pun akan pulang dengan bersukacita.
  • Ini adalah berkat awal yang dapat Anda bawa pulang sebagai bekal untuk mengawali hari esok yang penuh dengan kemenangan.
  • Sama seperti ketika bertamu, janganlah tinggalkan rumah Tuhan sebelum Tuhan selesai berbicara.

5 komentar: